Selasa, 07 April 2009

Jenis Plastik / Plastic Category dg dsr Kode Produksi Plastik

Kode Plastik / Plastic dalam industri

Kode 1 Plastik / Plastic bertuliskan PET atau PETE


Plastik / Plastic PET atau PETE (Polyethylene terephthalate) sering digunakan sebagai Plastik / Plastic botol minuman, minyak goreng, kecap, sambal, obat, maupun kosmetik. Plastik jenis ini tidak boleh digunakan berulang-ulang atau hanya sekali pakai. Habiskan segera isinya, jika tutup wadah telah dibuka. Semakin lama wadah terbuka, maka kandungan kimia yang terlarut semakin banyak.


Kode 2 Plastik / Plastic Bertuliskan HDPE


Plastik / Plastic HDPE atau High Density Polyethylene banyak ditemukan sebagai Plastik / Plastic kemasan makanan dan obat yang tidak tembus pandang. Plastik jenis ini digunakan untuk botol kosmetik, obat, minuman, tutup plastik, jeriken pelumas, dan cairan kimia.



Kode 3 Plastik / Plastic Bertuliskan PVC


Plastik / Plastic PVC atau Polyvinyl Chloride (PVC) sering digunakan pada mainan anak, bahan bangunan, dan Plastik / Plastic kemasan untuk produk bukan makanan. PVC dianggap sebagai jenis plastik yang paling berbahaya. Beberapa negara Eropa bahkan sudah melarang penggunaan PVC untuk bahan mainan anak di bawah tiga tahun.



Kode 4 Plastik / Plastic Bertuliskan LDPE


Plastik / Plastic LDPE atau Low Density Polyethylene (LDPE) sering digunakan untuk membungkus, misalnya sayuran, daging beku, kantong/tas kresek




Kode 5 Plastik / Plastic Bertuliskan PP


Plastik / Plastic PP atau Polypropylene sering digunakan sebagai kemasan Plastik / Plastic makanan, minuman, dan botol bayi menggunakan plastik jenis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar